Tidak Hanya Grab, Ini Daftar Pemain Cloud Kitchen di Indonesia

Tidak Hanya Grab, Ini Daftar Pemain Cloud Kitchen di Indonesia

Grab Indonesia tutup operasional Grab Kitchen pada 19 Desember 2022. Keputusan itu diambil karena perkembangan layanan dipandang tidak stabil sepanjang bekerja.

Grab Kitchen sendiri dikeluarkan di tahun 2018. Layanan itu sebagai bisnis cloud kitchen atau dikatakan sebagai ‘dapur sewa’ yang ditujukan untuk layanan pesan-antar.

“Sepanjang empat tahun bekerja, kelihatan perkembangan yang tidak stabil, dan ada perubahan jadi mode bisnis aset-ringan,” kata Chief Communications Officer Grab Indonesia, Mayang Schreiber dalam info yang diterima CNBC Indonesia.

Tidak cuma Grab, ada beberapa pemain cloud kitchen di Indonesia. Ide cloud kitchen atau dapur virtual ini kerap dilihat sebagai opsi memikat buat bisnis kulineran, khususnya merk yang baru dibangun dan masuk ke pasar.

Pola bisnis yang ditawari oleh dapur awan mempunyai resiko yang lebih kecil dibanding dengan ruangan retail konservatif, karena lebih fleksibel dan dengan kesepakatan dengan investasi awalan yang lebih rendah.

Disamping itu, semakin besar peluang untuk berkembang cepat untuk merk yang ingin buka banyak cabang secara bertepatan, tetapi masih tetap ingin mengontrol biaya operasional.

Nach berikut daftar cloud kitchen yang berada di Indonesia, diambil dari laporan Savills Research dengan judul Rise of The Virtual Kitchen.

Grabfood Kitchen. Ada semenjak 2018 dengan keseluruhan 24 gerai. Minimum kontrak sepanjang satu tahun dengan biaya sewa berbentuk pembagian keuntungan.

Dapur Bersama GoFood. Dikeluarkan pada dan telah berada di 10 gerai. Sama dengan GrabFood, mereka mengaplikasikan minimum satu tahun kontrak dan pembagian keuntungan atau revenue share.

Everplate. Dikeluarkan pada 2019 dan sekarang ini telah ada 7 gerai. Minimum kontrak sepanjang satu tahun dengan biaya sewa Rp 6 juta /bulan.
Yummy Kitchen. Datang pada 2019, dapur awan ini telah mempunyai 28 gerai dengan minimum kontrak enam bulan. Biaya kontraknya berbentuk revenue share Rp 7 juta /bulan.

See also  Sanggup Kontrol Inflasi, Pemerintah provinsi Sumatera Utara Bisa Bonus Rp10 Miliar

Kita Kitchen. Baru berusia dua tahun, dia telah mempunyai keseluruhan 2 gerai dengan minimum contact enam bulan dan biaya sewa masih tetap tiap Rp 5 juta tiap bulan.

Telepot. Datang di 2020 dengan sekarang mempunyai 1 gerai. Mereka memutuskan enam bulan minimum sewa dengan revenue sharing Rp 6 juta /bulan.

Check Also

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet Sekretaris Jenderal DPP …