Teruskan Normalisasi Ciliwung, Heru Budi Kejar Sasaran Pembebasan Lahan

Teruskan Normalisasi Ciliwung, Heru Budi Kejar Sasaran Pembebasan Lahan

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sampaikan masih tetap ada lahan yang perlu dibebaskan untuk meneruskan normalisasi Sungai Ciliwung. Menurutnya, lahan itu sebagian besar berada di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

“Jadi ada yang bolong-bolong itu yang selekasnya kami tuntaskan,” kata Heru Budi Hartono di Markas Kodam Jaya, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Heru tidak mendetailkan berapakah panjang lahan yang perlu dibebaskan untuk memperlancar program normalisasi tahun depannya. Pemerintahan DKI, papar ia, harus menyaksikan dahulu dokumen Land Acquisition and Resetlement Action Plan (LARAP).

LARAP ialah document yang berisi perlakuan pengatasan imbas sosial dan ekonomi yang ada karena penyediaan tanah dan pemukiman kembali.

Heru meneruskan pemerintahan DKI sudah bayar beberapa lahan yang dibutuhkan. Tetapi, lebih ia, pemerintahan daerah memanglah belum beli semua lahan yang dibutuhkan. “Barusan saya telah pekerjaankan Dinas Tata Air (Dinas Sumber Daya Air) untuk selekasnya turun kembali. Semoga dapat lancar,” sebut Kepala Sekretariat Presiden ini.

Awalnya, pembuatan normalisasi Sungai Ciliwung diawali di zaman mantan Gubernur Jakarta Joko Widodo alias Jokowi. Sejumlah rumah masyarakat di bantaran sungai bahkan juga digusur saat mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjabat.

Tetapi, program ini macet semenjak 2017 saat sisa Gubernur Anies Baswedan pimpin. Anies janji tidak akan meneruskan normalisasi apa lagi sampai menggusur masyarakat. Ia menukar normalisasi dengan naturalisasi.

Sekarang Heru Budi Hartono akan meneruskan normalisasi. Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI masih menginventarisasi lokasi untuk normalisasi.

See also  Anggaran Pengendalian Banjir Jakarta 2023 Diusulkan Naik Rp 3,72 Triliun

 

Check Also

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet Sekretaris Jenderal DPP …