Taktik Tepat Jokowi Buat UMKM Naik Kelas: Keluarkan NIB dan Digitalisasi

Taktik Tepat Jokowi Buat UMKM Naik Kelas: Keluarkan NIB dan Digitalisasi

Presiden Jokowi mempunyai taktik tepat untuk membikin Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas. Yakni dengan mengeluarkan Nomor Ijin Usaha (NIB) dan lakukan alih bentuk digital.

Jokowi menggerakkan supaya kementerian berkaitan bisa keluarkan 100.000 NIB setiap harinya. Terhitung semenjak Agustus 2021 sampai Juli 2022 telah capai 1,lima juta NIB untuk UMKM.

Sementara untuk digitalisasi, sekitar 20,76 juta pelaku UMKM sudah tersambung ke ekosistem digital. Presiden Jokowi menarget 30 juta UMKM akan terjamah digitalisasi di akhir 2023 kedepan.

Taktik Jokowi tingkatkan perkembangan UMKM mendapatkan banyak animo dari beragam pihak. Satu diantaranya dikatakan oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Prof Mudhofir Abdullah.

Menurut Mudhofir Jokowi terus mewujudkan beberapa program yang menggerakkan UMKM naik kelas. Mudhofir mengharap beragam peraturan Jokowi yang memihak pada UMKM tetap diteruskan.

“UMKM terus diperkembangkan karena bisa dirasa oleh kelompok-kelompok usaha kecil menengah. Benar-benar hebat dan perlu diteruskan oleh substitusinya mendatang,” tutur Mudhofir di kampusnya.

Pendorong Ekonomi Nasional
udhofir optimis dengan keterpihakan program dan peraturan pemerintah Jokowi, UMKM sanggup menjadi satu diantara motor pendorong ekonomi nasional. Hingga dengan UMKM yang kuat bisa membuat perlindungan Indonesia dari teror krisis dan krisis.

“Ya semoga karena ada UMKM-UMKM yang kuat bisa menjadi penunjang pilar perekonomian Indonesia supaya tidak terserang krisis dan krisis,” ujarnya.

See also  Jokowi Percaya Kawasan Likupang, Minahasa Utara Akan Ramai Dikunjungi Wisatawan Asing

Check Also

Belasan Pelajar SD di Depok Diperhitungkan Keracunan Roti, Wali Kota: Telah Masuk Polisi

Belasan Pelajar SD di Depok Diperhitungkan Keracunan Roti, Wali Kota: Telah Masuk Polisi Produsen roti …