Kemenhub Gandeng BUMN dan Swasta Bangun Stasiun Tigaraksa Jadi Teritori TOD

Kemenhub Gandeng BUMN dan Swasta Bangun Stasiun Tigaraksa Jadi Teritori TOD

Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan BUMN dan swasta meningkatkan Stasiun Tigaraksa dan Flyover Tenjo sebagai teritori transit oriented development (TOD). Teritori ini diperkembangkan untuk meluaskan capaian service perkeretaapian tanpa memberatkan APBN.

“Kami ingin merealisasikan perintah Presiden Jokowi untuk mengusahakan permodalan inovatif dalam membuat infrastruktur lewat kerjasama dengan beragam partner pembangunan, terhitung BUMN dan swasta,” tutur Eksekutor Pekerjaan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulmafendi melalui info tercatat.

Zulmafendi menjelaskan pembangunan akses baru ke arah Stasuin Tigaraksa dan Flyover Tenjo bisa tingkatkan servis untuk pemakai kereta api. Disamping itu, katanya, kenaikan prasarana ini sebagai realisasi kerjasama untuk perkembangan bidang perkeretaapian.

“Searah dengan semangat Hari Perhubungan Nasional 2022 yang menggemakan pesan kerjasama dalam kenaikan pembangunan perkeretaapian, mudah-mudahan kerja-sama ini dapat memberikan inspirasi pihak yang lain untuk bergerak bersama untuk masa datang perkeretaapian Indonesia,” papar Zulmafendi.

Pencangangan Stasiun Tigaraksa dan pembangunan Flyover Tenjo akan dikerjakan pada Sabtu, 15 Oktober 2022 oleh Menteri Perhubungan Budi Kreasi Sumadi. Pembangunan ini akan meliputi pengaturan dan peremajaan bangunan stasiun, kenaikan akses ke arah stasiun, dan pembangunan jalan layang yang hendak lewat di atas pelintasan sebidang Tigaraksa.

“Pembangunan flyover ini dilaksanakan untuk tingkatkan faktor keselamatan dalam penyelenggaran perkeretaapian, terutamanya di teritori Tenjo,” sebut ia.

Adapun wujud kerja-sama yang dipakai ialah pola konsesi dan pemanfaatan aset Barang Milik Negara (BMN) antara DJKA dengan PT Kereta Api Indonesia. DJKA akan memberi support berbentuk persiapan hal pemberian izin penyelenggaraan prasarana perkeretaapian, dan proses kelanjutan sesudah kesepakatan konsesi, seperti ijin pembangunan prasarana dan ijin operasi prasarana.

See also  Kasus Gagal Ginjal Akut di Jakarta Semakin bertambah Jadi 49, Warga Dapat Check Gratis di Puskesmas

Zulmafendi mengharap kontributor BUMN dan swasta dalam peningkatan Stasiun Tigaraksa dan Flyover Tenjo bisa memberi faedah untuk warga. Lewat akses baru ini, katanya, diharap bisa memudahkan dan berikan motivasi warga untuk memakai model transportasi kereta api.”Yang aman, efektif dan ramah lingkungan.”

 

Check Also

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet Sekretaris Jenderal DPP …