Kata Menkes atas Tekanan Pejabat BPOM Dipidana masalah Gagal Ginjal Akut

Kata Menkes atas Tekanan Pejabat BPOM Dipidana masalah Gagal Ginjal Akut

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mulai bicara masalah tekanan beberapa pihak yang minta supaya staff sampai pejabat di Badan Pegawai Obat dan Makanan (BPOM) dipidana bila bisa dibuktikan lupa sampai menyebabkan kasus gagal ginjal akut pada 269 anak.

Penyakit itu ada karena anak-anak konsumsi obat sirup yang tercemar bahan beresiko EG (ethylene glycol-EG), DEG (diethylene glycol-DEG), dan EGBE (ethylene glycol butyl ether).

“Jika kita saksikan itu, sih, terserah saja pada rekan-rekan di bidang hukum. Tetapi jika saya sich berasa, yok kita fokusnya kelarin ini, agar tidak boleh lebih banyak bayi-bayi kita yang terkena dan wafat, nyawa lebih bernilai,” tutur Budi Gunadi saat dijumpai selesai acara Untuk Indonesia di Jakarta Selatan.

Menurut Budi, sekarang ini lebih bagus pemerintah memusatkan semua tenaga untuk hentikan tambahan kasus ini, dibanding konsentrasi mempidanakan seorang. “Lebih bernilai selamatkan bayi-bayinya dari kematian. Lebih bagus tenaganya kita gunakan untuk dapat jaga supaya bayi-bayi kita masih tetap sehat,” kata Budi.

Budi menyebutkan sekarang ini telah ada 246 vial Fomepizole yang tiba ke Indonesia. Rinciannya, sekitar 16 vial dari Australia, 30 vial dari Singapura, dan pada pukul 01.00 pagi hari barusan tiba 200 vial dari Jepang.

Semenjak ada obat dengan harga Rp16 juta per vial itu, Budi menyebutkan banyaknya pasien gagal ginjal akut pada anak mulai turun. Bahkan juga korban wafat turun sampai 0 %.

Per Kamis tempo hari, dari 269 orang pasien gagal ginjal akut, sekitar 58 % atau 157 salah satunya wafat, lalu 24 % atau 73 masih dirawat, dan 39 atau 14 % dipastikan pulih.

See also  Lanjutan Sidang Perintangan Penyelidikan Chuck Putranto dan Baiquni Wibowo Ditetapkan Hari Ini

Juru Berbicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril memaparkan dari 269 kasus sekitar 11 % masuk ke fase 1, 7 % fase 2, 61 % fase 3, dan 20 % yang lain belum terdeteksi. Dia menjelaskan pemerintah terus lakukan surveyllance untuk cari peluang ada pasien gagal ginjal akut yang lain yang belum terdata.

 

Check Also

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet Sekretaris Jenderal DPP …