Kasus Gagal Ginjal Akut di Jakarta Semakin bertambah Jadi 49, Warga Dapat Check Gratis di Puskesmas

Kasus Gagal Ginjal Akut di Jakarta Semakin bertambah Jadi 49, Warga Dapat Check Gratis di Puskesmas

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama menjelaskan jumlah kasus gagal ginjal akut misteri pada anak semakin bertambah dari 42 jadi 49 kasus. Untuk menahan kasus gagal ginjal akut semakin bertambah, warga dapat memeriksa diri ke semua pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Jakarta dengan gratis.

DKI Jakarta mempunyai 44 puskesmas tingkat kecamatan dan 301 puskesmas tingkat kelurahan. Puskesmas mempunyai sarana pemeriksaan awalnya komplet, dapat COVID-19, demam berdarah, sampai tifus dan semua gratis.

“Puskesmas, dapat dijangkau gratis dan layanan telah komplet,” kata Ngabila dalam dialog di Jakarta.

Ngabila menjelaskan, walau kasus gagal ginjal akut misteri pada anak semakin bertambah, kasus wafat tidak berubah.

“Tidak ada tambahan kematian pada balita dan anak, baik itu kematian analisis pada umumnya atau gagal ginjal akut,” katanya.

Ngabila menyarankan warga selekasnya check ulangi ke dokter atau sarana kesehatan jika keadaan anak di bawah umur enam tahun tidak alami pembaruan sesudah alami demam, batuk, pilek, masalah pencernaan, mual dan muntah sepanjang dua sampai 3 hari.

“Bila keadaan belum lebih baik, tiba kembali kami sarankan check darah,” katanya.

Orangtua perlu waspada tanda-tanda masalah ginjal akut yang diikuti dengan menyusutnya frekwensi buang air kecil sampai warna urine lebih pekat. “Orangtua tidak boleh sangsi, saat tidak ada pembaruan membawa ke Puskesmas,” kata Ngabila.

Berdasar data Dinas Kesehatan DKI telah ada 49 kasus gagal ginjal akut misteri semenjak Januari sampai 18 Oktober 2022. Mayoritas pasien ialah anak di bawah 6 tahun.

Dari 49 kasus itu, 36 kasus salah satunya ialah balita atau 75 %. Sekitar 13 kasus atau 25 % ialah non balita.

See also  Kasus Ferdy Sambo, Kanjuruhan dan Teddy Minahasa Dera Polri, Lemkapi: Akan Ada Peralihan Besar

Nyaris setengah pasien gagal ginjal akut misteri di Jakarta itu wafat, atau 25 orang. SEbanyak 12 orang sudah pulih, sementara 12 orang kembali masih juga dalam perawatan. Dari 49 kasus itu, cuma 22 kasus masyarakat Jakarta. Selebihnya ada 8 masyarakat Banten, 14 masyarakat Jawa Barat. Pasien di luar Bogor, Depok Tangerang Bekasi terdaftar lima kasus.

Check Also

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet Sekretaris Jenderal DPP …