Jauhi Nyeri Punggung Bawah dengan Memerhatikan Hal Berikut

Jauhi Nyeri Punggung Bawah dengan Memerhatikan Hal Berikut

Specialist saraf di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Nurul Fadli, mengingati untuk membenahi sikap badan saat mengusung berat beban supaya terbebas dari nyeri punggung bawah.

“Sedapat mungkin tulang belakang itu masih tetap lempeng. Jika mengusung benda berat yang menekuk ialah daerah kaki atau paha dan punggung tidak membungkuk,” ucapnya.

Dia menjelaskan kekeliruan sikap badan saat beraktivitas setiap hari bisa menjadi satu diantara factor resiko yang dapat tingkatkan berlangsungnya nyeri punggung bawah. Selainnya saat mengusung benda berat, status yang kurang pas saat beraktivitas bersihkan di dalam rumah, seperti memakai sapu dan alat pel dengan batang yang pendek, dapat mengakibatkan nyeri punggung bawah.

“Jika sapu atau mengepel sedapat mungkin memakai gagang yang tinggi, sehingga kita tidaklah sampai membungkuk saat beraktivitas itu,” anjurannya.

Status yang tidak bagus umum terjadi pada karyawan kantoran yang kerap bertumpu atau duduk pada sebuah status yang sama di dalam periode waktu yang lama. Dia juga mengingati karyawan kantoran untuk seringkali lakukan pengenduran atau rileksasi tiap 1,5-2 jam. Disamping itu, berat badan jadi factor resiko yang dapat tingkatkan kejadian nyeri punggung bawah. Dia juga minta orang untuk jaga berat badan bagus.

Pemicu bermacam
Nurul menjelaskan sekitaran 80 % orang sepanjang hidupnya pernah rasakan nyeri punggung bawah. Pemicunya juga bermacam, dimulai dari masalah muskuloskeletal yang memengaruhi peranan otot, masalah persendian dan saraf, masalah pada organ-organ dalam perut seperti ginjal, aliran empedu, sampai usus.

Nyeri yang disebabkan karena mekanisme otot dan persendian biasanya terlokalisasi pada daerah yang sakit dan umumnya rasanya seperti pegal, tidak menyebar. Selanjutnya bila dilaksanakan penekanan pada daerah yang nyeri, karena itu nyeri bertambah.

See also  Muhammadiyah Gelar Muktamar ke-48 Mulai Esok

“Jika misalkan nyeri yang karena organ-organ yang dalam abdomen misalkan pada ginjal, nyerinya terbatas pada daerah punggung bawah, tidak ada penjalaran sampai ke tungkai. Walau kadang ada nyeri yang menyebar ke punggung bawah, cuma di atas pantat dan nyerinya luar biasa sekali,” terangnya.

Dan nyeri punggung bawah karena saraf diikuti dengan rangsangan pada saraf lainnya. Tanda-tandanya dapat kesemutan atau baal hingga ada mati rasa, bahkan juga kekurangan. Adapun untuk bantuan pertama pada nyeri punggung bawah dapat dengan memberi obat antinyeri yang dipasarkan bebas di toko obat, lakukan rileksasi otot dengan yoga sampai berenang, dan memeriksa diri ke dokter bila rasa nyeri tidak juga menyusut.

 

Check Also

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet Sekretaris Jenderal DPP …