Erick Thohir Dipandang Figure Calon wakil presiden Dambaan Pendongkrak Kepopuleran

Erick Thohir Dipandang Figure Calon wakil presiden Dambaan Pendongkrak Kepopuleran

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir semakin dilirik menjadi cawapres (calon wakil presiden). Erick Thohir dipandang jadi figure yang memiliki kekuatan oke dalam tingkatkan kepopuleran di Pemilihan presiden 2024.

Pemerhati Politik Universitas Padjajaran, Idil Akbar menjelaskan, trend kepopuleran positif terus melekat pada diri Erick Thorhir. Dalam beberapa survei, nama Erick Thohir stabil tempati daftar paling atas. Karena itu tidaklah heran jika Erick Thohir sempat dihubungkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo. Ia memandang, Prabowo pilih Erick Thohir karena mempunyai tingkat kepopuleran yang tinggi.

“Pak Prabowo mempertimbangan Pak Erick Thohir untuk maju tidak cuma masalah terkenal demikian ya. Berdasar survei pasangan ini lebih diputuskan warga,” kata Idil ke reporter.

Berdasar penemuan survei Poltracking Indonesia priode 26 November-2 Desember 2022, kepopuleran Erick Thohir diposisi paling atas sebagai calon wakil presiden. Erick Thohir sukses raih kepopuleran sejumlah 16.2%.

Karenanya, ia memandang Erick Thohir jadi figure calon wakil presiden yang cukup cocok untuk Prabowo di depan. Karena kedatangan mantan Presiden Inter Milan ini bisa bawa imbas positif elektoral.

Belum juga, ia menambah, hubungan Erick Thohir dengan kelompok anak-anak muda atau dekat dipanggil angkatan milenial Tanah Air. Ia memandang hal itu pasti menjadi satu diantara pemikiran Prabowo.

“Harus memberikan keyakinan beberapa parpol untuk dapat sama mengangkat Erick Thohir sebagai cawapres dan beliaunya sendiri sebagai capres,” pungkas Idil.

Kepopuleran 16 %
Menteri BUMN Erick Thohir jadi cawapres (calon wakil presiden) yang tetap diharapkan oleh warga Indonesia. Hasil dari survei nasional Poltracking Indonesia, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini stabil alami trend peningkatan kepopuleran.

See also  Calon wakil presiden Anies Keras: NasDem Sorongkan Figur Non-Parpol, PKS dan Demokrat Ingin Kader

Berdasar data survei pada bulan Oktober tahun 2021, kepopuleran Erick Thohir sebagai calon wakil presiden cuma di angka 7,6 %. Menteri terbaik dan unggulan Presiden Jokowi ini selalu alami peningkatan sampai sekarang ini dengan angka kepopuleran sejumlah 16,2 % di bulan November 2022.

Sama ini ada peningkatan sejumlah 8,6 % atau 100 % pada kepopuleran Erick Thohir dalam satu tahun paling akhir. Peningkatan ini membuat Bekas Presiden Inter Milan ini muncul sebagai calon wakil presiden prospektif dalam Pemilihan presiden 2024 kedepan.

“Trend terkini kepopuleran 10 calon wakil presiden prospektif, Erick Thohir alami peningkatan cukup berarti,” jelas Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda pada acara Penemuan Survei Nasional Tendensi Peta Politik Pemilihan presiden 2024 Trend Kemampuan Elektoral Partai Politik, Calon presiden dan Calon wakil presiden.

Trend peningkatan dirasakan calon lain yaitu Gubernur Jawa Barat (Jawa barat) Ridwan Kamil. Dalam masa yang serupa, orang nomor satu di Jawa barat itu mempunyai peningkatan kepopuleran sejumlah 3,1 %.

Alami Peningkatan
Dari 12,0 % jadi 15,1 % dari bulan Oktober 2021 sampai November 2022. Trend peningkatan kepopuleran itu tidak begitu berarti bila dibanding dengan Erick Thohir.

Dengan trend hasil dari survei ini, kepopuleran Erick Thohir sebagai calon wakil presiden menempati di urutan kesatu. Ada di belakang Ketua umum Warga Ekonomi Syariah (MES) itu Ridwan Kamil dan Ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam survei terkini itu, Ridwan Kamil terdata di urutan ke-2 mempunyai kepopuleran sejumlah 15,1 % dan dituruti AHY 12,0 %.

“Dalam replikasi 10 nama calon wakil presiden, Erick Thohir mendapat angka kepopuleran 16,2 %, dituruti Ridwan Kamil 15,1 % dan Agus Harimurti Yudhoyono 12,0 %,” tutur Hanta Yuda,

See also  Lanjutan Sidang Perintangan Penyelidikan Chuck Putranto dan Baiquni Wibowo Ditetapkan Hari Ini

Harus dipahami, Poltracking Indonesia mengadakan survei nasional pada 21-27 November 2022 dengan memakai sistem stratified multistage acak sample. Jumlah contoh dalam survei ini ialah 1220 informan dengan margin of error +/- 2.9 % di tingkat keyakinan 95 %.

 

Check Also

Belasan Pelajar SD di Depok Diperhitungkan Keracunan Roti, Wali Kota: Telah Masuk Polisi

Belasan Pelajar SD di Depok Diperhitungkan Keracunan Roti, Wali Kota: Telah Masuk Polisi Produsen roti …