Ekonom Sebutkan Perpu Cipta Kerja Malah Buat Ketidakjelasan, Ini Argumennya

Ekonom Sebutkan Perpu Cipta Kerja Malah Buat Ketidakjelasan, Ini Argumennya

Ekonom dari Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira melihat kedatangan Perpu Cipta Kerja malah membuat ketidakjelasan peraturan.

Menurutnya, permasalahan utama dalam daya saing satu diantaranya ialah tingkat ketidakjelasan peraturan lumayan tinggi, hingga investor dapat sangsi jika ketentuan beralih-alih.

“Walau sebenarnya, investor perlu kejelasan peraturan periode panjang. Baiknya di saat pembikinan produk peraturan apa lagi Undang-Undang harus dipersiapkan dengan matang. Jika tergesa-gesa ya jadi permasalahan,” kata Bhima lewat info tercatat.

Ia ungkap tidak ada agunan investasi akan bertambah selesai ditekennya Perpu Cipta Kerja.

“Tidak ada agunan saat Perpu (Cipta Kerja ditetapkan), investasi dapat bertambah karena sepanjang ini lebih banyak ketentuan turunan Cipta Kerja telah jalan, tetapi jumlah investasi yang terbengkalai masih tinggi,” lanjut ia.

Bhima menyorot kebimbangan investor menambahkan investasi menjelang tahun politik. Dia menjelaskan, kehadiran Perpu Cipta Kerja malah memverifikasi pemahaman jika menjelang Pemilu ketidakjelasan peraturan lumayan tinggi.

“Itu untuk investor ialah regulatory risk yang besar,” tutur Bhima.

Disamping itu, dia melihat ada pasal memiliki masalah dalam Perpu Cipta Kerja. Menurut dia, Pasal 128 A ialah yang paling berpengaruh untuk lingkungan atau investor.

“Pasal yang paling berpengaruh berada di Pasal 128 A di mana pemerintahan memberi royalti 0 % untuk pendayagunaan batubara. Ini akan berpengaruh negatif pada bidang energi terbarukan karena pemakaian batubara masih tetap masif hingga jatah EBT (Energi Baru Terbarukan) terancam berkurang,” kata Bhima.

“Pemerintahan bertolak-belakang dengan pemercepatan peralihan energi pada forum G20 di Bali, hingga memunculkan ketidaktahuan dari calon investor yang ingin masuk,” papar ia.

 

See also  Gempa Hari Minggu 8 Januari 2023 Guncang Karangasem Bali

Check Also

Belasan Pelajar SD di Depok Diperhitungkan Keracunan Roti, Wali Kota: Telah Masuk Polisi

Belasan Pelajar SD di Depok Diperhitungkan Keracunan Roti, Wali Kota: Telah Masuk Polisi Produsen roti …