Dibawa PKB Masuk ke Koalisi KIR, PKS Tentukan Konsentrasi Selesaikan Koalisi Peralihan

Dibawa PKB Masuk ke Koalisi KIR, PKS Tentukan Konsentrasi Selesaikan Koalisi Peralihan

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sedang digoda oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk tergabung ke koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Juru Berbicara PKS, Muhammad Kholid, menjelaskan partainya sekarang ini fokus menyelesaikan ulasan di koalisi peralihan bersama Partai NasDem dan Demokrat.

“Kami sedang konsentrasi selesaikan proses di koalisi peralihan bersama NasDem dan Demokrat,” kata Kholid.

Menurut Kholid, tim kecil dari PKS, NasDem, dan Demokrat telah mengulas beberapa hal. Selama ini, katanya, ke-3 partai solid dan kompak untuk membuat koalisi.

“Sudah jauh ulasan di kutub peralihan. Alhamdulillah kami solid dan kompak. Ketidaksamaan itu alami, dinamika politik yang umum saja,” katanya.

Saat tim kecil ditempatkan pada dinamika, Kholid menyebutkan ke-3 nya sama berusaha cari titik jumpa, bukannya titik tolak. Ia menjelaskan semangat untuk cari titik jumpa sebagai modal penting untuk merealisasikan persetujuan.

“Baik PKS, NasDem, dan Demokrat sama berusaha cari titik jumpa, bukan titik tolak. Jika semangatnya titik jumpa, maka ada kata setuju, terbuka jalannya. Insya Allah,” katanya.

Komunikasi dengan PKB masih tetap jalan

Walau begitu, Kholid menyebutkan komunikasinya dengan PKB berjalan dengan baik. Kalaulah ada penawaran untuk tergabung ke KIR, ia menjelaskan partainya pilih fokus merealisasikan koalisi bersama NasDem dan Demokrat.

“PKS dan PKB masih tetap bagus kok komunikasinya. Tetapi kan kita sedang konsentrasi dengan NasDem dan Demokrat. Yang telah ada jauh, kita selesaikan,” kata Kholid.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Faisol Reza, benarkan bila koalisi Kebangkitan Indonesia Raya sudah buka keran komunikasi dengan PKS untuk ajak tergabung ke koalisi. Dia minta publik doakan supaya komunikasi ini berjalan dengan baik dan lancar.

See also  Tidak Hanya Grab, Ini Daftar Pemain Cloud Kitchen di Indonesia

“Telah jalan (komunikasi dengan PKS). Minta doanya,” kata Faisol,

Faisol memandang PKS memiliki peran penting dalam demokrasi Indonesia sekarang ini. Menurutnya, partai yang dipegang Ahmad Syaikhu ini stabil jalankan peranannya sebagai partai oposisi.

“Betul, karena oposisi. Dalam demokrasi, oposisi jadi aspek khusus supaya ada kontrol dan pengimbang untuk program pemerintah yang digerakkan untuk warga,” katanya.

Check Also

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet Sekretaris Jenderal DPP …