Bos Bank Mandiri Ini Sebutkan 3 Sektor Usaha Tahan Resesi pada 2023, Apa Saja?

Bos Bank Mandiri Ini Sebutkan 3 Sektor Usaha Tahan Resesi pada 2023, Apa Saja?

Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Alexandra Askandar pastikan pendistribusian kredit terus akan dimaksimalkan perseroan walau ancaman resesi global pada 2023 terus menghantui cuaca usaha dalam negeri.

Untuk hadapi imbas resesi itu pada kualitas kredit, Bank Mandiri sudah memetakkan beberapa sektor usaha yang kuat hadapi penekanan ekonomi itu. Beberapa sektor itu ialah sektor telekomunikasi, minuman dan makanan, dan jasa kesehatan.

“Lewat taktik menggerakkan perkembangan kredit pada sektor sektor yang kami nilai masih lumayan resilient, diantaranya sektor telekomunikasi, sektor minuman dan makanan, dan jasa kesehatan,” tutur ia saat pertemuan jurnalis secara online.

Selainnya menggerakkan kucuran kredit ke beberapa sektor itu, taktik pendanaan dalam hadapi resesi kata Askandar akan memperhatikan sektor usaha berdasar daerahnya. Misalkan konsentrasi pada sektor minuman dan makanan di propinsi yang menghasilakan komoditas khusus dan mempunyai potensi tumbuh lebih bagus.

“Dengan taktik diartikan kami mengharap kredit Bank Mandiri tetap terbangun positif dan kualitas asset bisa teratasi secara baik,” tutur Askandar.

S/d akhir September 2022, pendistribusian kredit Bank Mandiri secara bank only ke segmen wholesale masih deras capai Rp 597,2 triliun. Angka ini tumbuh 11,96 % secara tahunan.

“Portofolio kredit wholesale Bank Mandiri terdiversifikasi khususnya pada nasabah-nasabah yang masuk kelompok hebat tier dan ke sektor yang mempunyai outlook positif,” kata Alexandra.

Selainnya jaga tingkat pendistribusian kredit dan kualitas asetnya, Bank Mandiri menurut Alexandra sudah memetakkan taktik untuk jaga tingkat pengumpulan dana pihak ke-3 (DPK) yang sampai kuartal III – 2022 telah sejumlah Rp 1.361 triliun atau tumbuh 12,1 % secara tahunan.

See also  Kebakaran Rumah Masyarakat Dekat RS Permata Hijau, Diperhitungkan Karena Korsleting Listrik

“Untuk memaksimalkan neraca bank disebelah DPK, kami menarget perusahaan komoditas yang mempunyai kontan yang tinggi lewat pengadaan jalan keluar dan layanan transaksional nasabah korporasi,” tutur Alexandra menerangkan lebih jauh mengenai taktik Bank Mandiri dalam hadapi rintangan usaha di tahun depannya.

Check Also

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet Sekretaris Jenderal DPP …