Bamsoet Evaluasi Lahan Pembangunan Sirkuit Internasional di Jakabaring Sport City

Bamsoet Evaluasi Lahan Pembangunan Sirkuit Internasional di Jakabaring Sport City

Ketua MPR RI sekalian Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, mengevaluasi lahan di kawasan Jakabaring Sport City yang hendak jadi Sirkuit Internasional balap motor dan mobil bertarap internasional. Pada kunjungannya, Bamsoet bersama dengan Ketua IMI Sumatera Selatan sekalian Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, dan Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. A.Rachmad Wibowo.

IMI Pusat dan IMI Sumatera Selatan dengan support Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan di bawah kepimpinan Herman Gemuruh, akan cari investor supaya pembangunan Sirkuit Internasional Jakabaring yang telah diperkirakan semenjak tahun 2016 lalu, dapat selekasnya terlaksana.

“Ingat gambar dan lay-out dan desain detil sirkuit telah ada. Tinggal kita mencari support permodalannya,” tutur Bamsoet selesai mengevaluasi lahan Sirkuit Internasional Jakabaring, di Jakabaring Sport City, Palembang.

Ketua DPR RI ke-20 dan bekas Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menerangkan, dalam desain awalan yang dibikin Herman Tilke yang disebut arsitek beberapa sirkuit balap kelas dunia, Sirkuit Internasional Jakabaring diperkirakan mempunyai panjang 4.314 mtr. dengan 14 kelokan.

Track lempeng paling panjang ialah 750 mtr., dan di start/finis 545 mtr.. Sirkuit ini akan berpedoman mode bersimpangan arah jarum jam. Landscape sirkuit yang dibuat dari sisi danau, menjadikan punyai segi eksotisme tertentu.

Kehadiran Sirkuit Internasional Jakabaring nanti akan lengkapi kehadiran Sirkuit Internasional Sentul yang ada di Pulau Jawa, dan Sirkuit Internasional Mandalika yang ada di NTB sebagai representasi Indonesia sisi timur.

“Penebaran sirkuit mulai dari Sumatera sampai Indonesia Timur, akan berpengaruh positif untuk perkembangan prestasi olahragawan balap Indonesia, sekalian meneguhkan Indonesia sebagai tuan-rumah beragam kejuaraan balap dunia,” tutur Bamsoet.

See also  Demokrat Sebutkan Tidak Permasalahan, walau Tidak Diundang HUT Nasdem

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Jalinan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menjelaskan, sarana dan prasarana di Jakabaring Sport City sangat mencukupi. Mempunyai lahan capai 150 hektar. Akses dari lapangan terbang ke arah sirkuit juga gampang, diantaranya lewat Jembatan Ampera, sampai LRT. Dengan mempunyai sirkuit, beragam keuntungan akan didapat Palembang dan Sumatera Selatan secara umum.

Seperti terjadi dalam penerapan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 lalu di Sirkuit Internasional Mandalika. Nyaris 1,6 miliar pemirsa dunia melihatnya, jadi promo yang hebat untuk NTB pada terutamanya dan Indonesia secara umum. Kontributor riil dari sektor perekonomian kelihatan dari penghitungan Badan Pusat Statistik (BPS) NTB yang memberikan laporan putaran uang sepanjang ajang MotoGP di Mandalika capai Rp 606,7 milliar.

“Bila dapat melangsungkan Formulasi 1, keuntungan yang didapatkan juga besar. Seperti penyelenggaraan F1 di beberapa negara yang bisa dibuktikan datangkan keuntungan sampai triliunan rupiah. Sebagai contoh, perusahaan akuntan global PricewaterhouseCoopers memproyeksikan Azerbaijan memperoleh keuntungan ekonomi capai USD 506 juta atau sekitaran Rp 7 triliun sepanjang 4 tahun mengadakan F1,” kata Bamsoet.

Check Also

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet

Ditanyakan Kesempatan Khofifah untuk Pemilihan presiden, PDI-P: Rekam Tapak jejaknya Benar-benar Komplet Sekretaris Jenderal DPP …